Festival Suka Suka 2016: Festival Pemuda Pertama di Pasuruan

03 December 2016

Festival Suka Suka 2016 telah lancar digelar pada Minggu 27 November 2016 di Gedung Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) Pasuruan. Acara yang diklaim sebagai festival pemuda pertama di Pasuruan ini berhasil mendatangkan massa kurang lebih 2000 orang. Selama 15 jam non-stop Festival Suka Suka 2016 menghadirkan beragam suguhan acara.

Mulai jam 6 pagi, entry gate sudah dibuka untuk umum. Pengunjung melewati lorong lorong berhiaskan tebu kualitas terbaik yang disuplay dari P3GI Pasuruan untuk menukarkan tiket masuk. Setelah itu pengunjung disambut oleh pameran hasil karya majalah dinding 3D pelajar SMA di Pasuruan yang juga dilombakan. Di area mading ini juga dilangsungkan 3 workshop yang berjalan bergantian. Mulai dari workshop jurnalistik radio dan tv, drawing, dan mobile photography.

Memasuki gedung H2, deretan booth pameran dan produk lokal Pasuruan siap menghadang. Total ada 16 booth dengan beragam produk, mulai dari clothing, tas handmade, sepatu homemade, photobooth, sketchart, hingga produk herbal. Masih di H2, ada panggung hiburan yang menampilkan bakat bakat anak muda Pasuruan meramaikan Festival Suka Suka 2016. Mulai dari band, hiphop, fashion show, live DJ, perkusi, musikalisasi puisi, yel yel, hingga audisi stand up comedy Mbokir.

Bergeser ke H1, di sini pengunjung disuguhi 25 booth yang menjajakan makanan dan minuman olahan arek Pasuruan sendiri. Kuliner yang dijual pun harganya cukup terjangkau, sehingga membuat pengunjung betah berlama lama makan minum sambil menikmati acara di Festival Suka Suka 2016. Ditambah lagi, di area Festival Suka Suka disupport oleh Telkom Indihome untuk koneksi wifi gratis.

Beralih ke area outdoor, di sini ditemui banyak booth komunitas, seperti komunitas bola, reptile, diecast, pecinta kucing hingga komunitas vapor. Ada juga live mural oleh seniman mural Pasuruan yang menggambar langsung pada media mobil bekas. Tak lupa photobooth dan meja kursi untuk duduk santai pun tersedia di area outdoor ini.

Benar benar sedari pagi, acara terus bergulir tanpa jeda. Kalau di pagi hari ada flashmob dan mannequin challenge bersama, sorenya di panggung utama ada penampilan Calvin Jeremy. Yang pada satu hari sebelumnya, Calvin Jeremy sudah Mlaku Mlaku Keliling Pasuruan bareng Calvriends mengunjungi pelabuhan, Gereja Katolik Santo Antonius Padua, Klenteng Tjoe Tik Kiong, hingga berkeliling dan press conference di P3GI.

Malam harinya aktivitas terpusat di outdoor area. Di sini para pemuda dan anggota komunitas berkumpul untuk berdialog langsung dengan Pak Yon, Walikota Pasuruan, di Cangkrukan Suka Suka Bareng Cak Yon. Tidak hanya Pak Yon, Cangkrukan Suka Suka Bareng Cak Yon yang membahas tentang apa yang akan diperbuat untuk Pasuruan ke depannya ini juga dihadiri oleh jajaran SKPD Kota Pasuruan.

Hingga di akhir acara, ditutup dengan pengumuman juara juara lomba. Lomba Mading 3D dimenangkan oleh SMAN 1 Kejayan sebagai juara 1, dan SMAN 2 Kota Pasuruan sebagai juara 2. Best Yel Yel dimenangkan oleh MAN Kota Pasuruan. Lomba jurnalistik radio dan tv dimenangkan oleh Khoirun Nisak Syechbatul Isti sebagai juara 1 dan Amalia Fitri sebagai juara 2. Sedangkan lomba mobile photography dimenangkan oleh Justinus Dio Cayono sebagai juara 1 dan Wahyu Abi Prasetyo sebagai juara 2. Lomba stand up comedy Mbokir dimenangkan oleh Fitri Hidayah sebagai juara 1 dan Oki Salasa sebagai juara 2. Lomba photocontest dimenangkan oleh Ade Kurniawan Akmal. Best creative booth kuliner dimenangkan oleh booth milik Lidi Si Umang, sedangkan best creative booth non kuliner dimenangkan oleh booth milik SMA Excellent Al Yasini.

Festival Suka Suka 2016 ini tentunya tidak lepas dari dukungan berbagai pihak. Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) Pasuruan yang telah memberikan dukungan penuh untuk free gedung. Ayurveda AV, Aromatika Beautica, STMIK Yadika, BJ Perdana Hotel and Resort, Jawara Production SMK PGRI 1 Kota Pasuruan yang memberikan dukungan berupa mencetak promotion tools, Jetzz Photo Studio yang memberikan dukungan berupa dokumentasi, dan tentunya Pemerintah Kota Pasuruan.

Terima kasih untuk Arek Pasuruan yang sudah datang dan berpartisipasi. Sampai jumpa lagi! 

 

 

 

Written by Istiqomah

Edited by Evi Djohan

Photo taken from Calvin Jeremy's Instagram